NdmSCJofn5qcY44UfTlhclVnBp3RL3BTYoA8yFLJ
Bookmark

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat: Panduan untuk Pemula

Cara Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

Cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat - Kacang panjang, si hijau yang tak hanya lezat tapi juga kaya manfaat. Sayuran ini sering menghiasi hidangan di dapur Indonesia, diolah menjadi tumisan, sup, atau campuran sayur lodeh. Tak hanya lezat, kacang panjang kaya serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Ingin menikmati panen kacang panjang berlimpah di rumah sendiri? Artikel tentang cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat ini hadir untuk membantumu khususnya jika kamu seorang petani pemula! Ikuti panduan lengkap budidaya kacang panjang, mulai dari pemilihan benih, persiapan lahan, hingga panen.

Sekilas Tentang Tanaman Kacang Panjang

Pengertian kacang panjang?

Kacang panjang, yang juga dikenal dengan nama ilmiah Vigna unguiculata subsp. sesquipedalis, adalah jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Tanaman ini memiliki buah yang panjang dan ramping, dengan biji-bijian yang umumnya dimakan sebagai bagian dari berbagai hidangan. tanaman ini sering menjadi bahan masakan khas di Asia Tenggara khususnya indonesia. Karena bentuknya yang memanjang dan teksturnya yang renyah, tanaman ini juga sering diolah dalam tumisan, sup, dan hidangan lainnya. Selain citarasa lezatnya, juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Ciri-ciri kacang panjang

Kacang panjang, juga dikenal sebagai buncis, memiliki beberapa ciri khas yang mudah dikenali:

  1. Bentuk: Tanaman ini memiliki bentuk panjang dan ramping, dengan ujung tumpul atau meruncing tergantung varietasnya.
  2. Warna: Biasanya berwarna hijau, tetapi ada juga varietas dengan warna ungu atau kuning.
  3. Permukaan: Permukaannya halus dan sedikit bergerigi.
  4. Tekstur: Dagingnya lembut, renyah, dan sedikit kenyal saat diremas.
  5. Biji: Biji yang muda cenderung masih halus dan tidak terlalu besar.
  6. Rasa: Rasa kacang panjang umumnya ringan dan sedikit manis, terutama pada bagian yang masih muda.
  7. Ukuran: Panjangnya bervariasi, tetapi umumnya berkisar antara 15 hingga 30 sentimeter.
  8. Daun: Daun berbentuk lonjong dan menjari, terhubung dengan tangkai panjang.
  9. Pertumbuhan: Tanaman ini termasuk cepat tumbuh dan memerlukan ajir atau penyangga untuk merambat.

Persiapan Awal

Pemilihan Benih

Pilih benih kacang panjang yang berkualitas baik. Pilih varietas yang sesuai dengan kondisi iklim dan tanah di daerahmu. Pastikan benih dalam kondisi baik, bebas dari penyakit, dan memiliki potensi tumbuh dengan baik.

Penyediaan Pupuk Dasar

Sebelum penanaman, berikan pupuk dasar ke lahan yang akan digunakan. Pupuk organik atau pupuk kandang dapat digunakan untuk memperbaiki struktur tanah dan memberikan nutrisi yang diperlukan bagi pertumbuhan awal tanaman.

Persiapan Lahan

Siapkan lahan dengan baik sebelum menanam. Bersihkan gulma dan sisa-sisa tanaman sebelumnya. Lahan harus rata dan longgar untuk memfasilitasi pertumbuhan akar kacang panjang. Jika diperlukan, lakukan perbaikan drainase untuk menghindari genangan air.

Pemasangan Ajir

Pasang ajir atau rangka penyangga untuk kacang panjang karena sifatnya adalah tanaman merambat, jadi ajir akan membantu tanaman merambat dengan baik. Pastikan ajir kuat dan tinggi cukup agar tanaman memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh.

Jarak Tanam Kacang Panjang

Jarak tanam  dapat bervariasi tergantung pada varietas, kondisi lahan, dan cara budidaya. Secara umum, jarak tanam antara tanaman ini sebaiknya sekitar 30 hingga 40 cm dalam barisan, dan antara barisan sekitar 60 hingga 80 cm. Namun, ini dapat disesuaikan berdasarkan jenis varietas yang Kamu tanam dan kondisi lahan lokal.

Pemupukan Kacang Panjang

Pemupukan yang tepat penting untuk pertumbuhan dan hasil yang baik pada tanaman. Pemberian pupuk harus mencakup pupuk dasar sebelum penanaman dan pemupukan lanjutan selama pertumbuhan tanaman.

Pupuk untuk Kacang Panjang

Tanaman ini merespons baik terhadap pupuk yang mengandung nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Pupuk organik, seperti pupuk kandang atau kompos, sangat baik untuk meningkatkan kualitas tanah. Pupuk NPK dengan perbandingan sekitar N: 14, P:14 dan K: 14 (persen) atau N:16, P:16, K:16 (persen) juga bisa digunakan.

Waktu Pemupukan Kacang Panjang

Pemberian pupuk dapat dibagi menjadi dua tahap utama. Pemupukan dasar dilakukan sebelum penanaman, di mana pupuk diberikan dan dicampurkan dengan tanah sebelum tanam. Pemupukan lanjutan dilakukan setelah tanaman tumbuh, umumnya sekitar 3-4 minggu setelah tanam. Kamu juga bisa memberikan pupuk tambahan saat tanaman berbunga dan membentuk polong untuk mendukung pembentukan buah yang baik.

Baca Juga | Cara Membuat Bibit Jamur Tiram dari Serbuk Kayu

Pengendalian Hama

Pengendalian hama pada tanaman kacang panjang sangat penting untuk memastikan pertumbuhan dan hasil panen yang optimal. Berikut penjelasan singkat tentang pengendalian hama pada tanaman sayur satu ini:

  1. Pemilihan Benih Unggul: Mulailah dengan menggunakan benih yang sehat dan bebas dari penyakit atau hama. Benih yang baik dapat membantu tanaman lebih tahan terhadap serangan hama.
  2. Rotasi Tanaman: Hindari menanam kacang panjang secara beruntun di tempat yang sama. Melakukan rotasi tanaman membantu mengganggu siklus hidup hama dan mengurangi risiko serangan.
  3. Sanitasi Lahan: Jaga kebersihan lahan dengan membersihkan sisa-sisa tanaman yang sudah dipanen dan gulma yang bisa menjadi tempat persembunyian hama.
  4. Penggunaan Varietas Tahan Hama: Pilih varietas kacang panjang yang memiliki ketahanan terhadap hama umum di daerahmu.
  5. Penggunaan Penghalang Fisik: Kamu bisa menggunakan jaring atau kain berpori sebagai penghalang fisik untuk melindungi tanaman dari serangan hama terbang, seperti ulat dan serangga penggerek.
  6. Penggunaan Pestisida Nabati: Beberapa pestisida nabati seperti neem oil atau ekstrak bawang putih dapat digunakan untuk mengendalikan hama dengan cara alami.
  7. Pengenalan Musuh Alami: Beberapa serangga seperti kumbang predatori dan tawon parasit dapat membantu mengendalikan populasi hama. Mendorong kehadiran musuh alami dapat menjadi solusi yang efektif.
  8. Pemantauan Rutin: Periksa tanaman secara rutin untuk tanda-tanda serangan hama, seperti kerusakan daun atau tumbuhan yang layu. Jika ditemukan, langkah-langkah pengendalian dapat diambil segera.
  9. Penggunaan Pestisida Kimia: Jika serangan hama sangat parah, penggunaan pestisida kimia bisa menjadi pilihan terakhir. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar dan memperhatikan jeda waktu sebelum panen.

Panen kacang panjang

Umur Panen Kacang Panjang

Umur panen kacang panjang bervariasi tergantung pada varietas yang ditanam dan kondisi pertumbuhan lokal. Namun, secara umum, tanaman ini dapat mulai dipanen sekitar 60 hingga 70 hari setelah tanam untuk varietas yang lebih cepat, dan bisa memakan waktu hingga 90 hingga 100 hari atau lebih untuk varietas yang lebih lambat.

Masa Panen Kacang Panjang

Masa panen kacang panjang biasanya dimulai ketika polong sudah cukup panjang dan masih dalam keadaan muda (belum terlalu keras atau mengeras). Polong yang matang bisa memiliki panjang sekitar 15-25 cm tergantung pada varietasnya. Polong yang dipanen pada tahap ini memiliki rasa yang lebih lezat dan tekstur yang baik.

Kesimpulan

Dengan panduan ini, kamu telah dilengkapi dengan pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil dalam bercocok tanam kacang panjang. Mulai dari pemilihan benih yang berkualitas hingga teknik panen yang tepat, langkah-langkah yang telah disampaikan akan membantumu mencapai hasil panen yang melimpah. Semoga dengan penerapan panduan ini, kamu dapat menghasilkan kacang panjang yang berkualitas dan memuaskan. Demikianlah artikel tentang cara menanam kacang panjang agar berbuah lebat ini, selamat bercocok tanam dan semoga sukses selalu dalam usaha pertanianmu.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Satu pohon kacang panjang menghasilkan berapa kg?

Biasanya, satu pohon dapat menghasilkan sekitar 0,6 hingga 1 kg polong panen, tergantung pada varietas, kondisi pertumbuhan, dan perawatan.

Berapa kali panen kacang panjang?

Tanaman sayur satu ini dapat dipanen sekitar 10 hingga 15 kali dalam setahun, tergantung pada faktor-faktor seperti musim tumbuh dan varietas yang ditanam.

Berapa hasil panen kacang panjang per hektar?

Biasanya, hasil panen per hektar dapat mencapai sekitar 35 hingga 37 ton, tergantung pada faktor-faktor seperti manajemen pertanian, jenis varietas, dan kondisi pertumbuhan.

2 komentar

2 komentar

  • trisno
    trisno
    11 Agustus 2023 pukul 12.18
    terima kasih kak artikelnya sangat membantu sekali
    • trisno
      Nabil Zaydan
      14 Agustus 2023 pukul 22.56
      Ok, siap. sama-sama
    Reply