NdmSCJofn5qcY44UfTlhclVnBp3RL3BTYoA8yFLJ
Bookmark

Resep Puding Nanas, Kreasi Lezat yang Segar untuk Keluarga

Resep Puding Nanas, Kreasi Lezat yang Segar untuk Anda

Nabil Zaydan - Puding nanas adalah salah satu hidangan penutup yang lezat dan segar, terutama ketika disajikan dalam kondisi dingin. Aroma dan rasa manis nanas yang khas memberikan sensasi berbeda yang sulit dilupakan. 

Untuk Bunda yang ingin mencoba membuat puding nanas dengan citarasa istimewa, Penulis telah menyiapkan resep yang mudah diikuti. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghasilkan puding nanas yang sempurna dan nikmati selagi segar!

Bahan-bahan:

  • 1 Buah nanas
  • 5 butir putih telur
  • 2 bungkus agar-agar
  • 160 gr gula pasir
  • Essense nanas secukupnya
  • Pewarna makanan kuning secukupnya

Bahan-bahan Untuk Saos:

  • - 760 cc susu
  • - 2 sdm Tepung maizena
  • - 160 gr gula pasir
  • - 1/2 buah nanas
  • - 3 butir kuning telur
  • - Vanili secukupnya

Cara Membuat:

Membuat Pudingnya:

  1. Langkah pertama dalam membuat puding nanas adalah menyiapkan buah nanas segar. Kupas kulitnya dan pastikan nanas dalam keadaan bersih. Kemudian, parut nanas menggunakan parutan halus untuk menghasilkan tekstur yang lebih lembut. Ambil sari airnya sekitar 125 cc untuk memberikan aroma dan rasa nanas pada puding.
  2. Selanjutnya, siapkan panci dan campurkan gula pasir serta bubuk agar-agar ke dalam air parutan nanas tadi. Aduk-aduk hingga bahan-bahan tercampur rata. Setelah itu, panaskan campuran ini dengan api sedang. Pastikan untuk terus mengaduk agar gula dan agar-agar larut dengan sempurna.
  3. Sambil menunggu campuran gula dan agar-agar mendidih, kocok putih telur hingga berbusa. Ketika campuran gula dan agar-agar mulai mendidih, masukkan putih telur yang sudah dikocok ke dalamnya. Aduk rata agar puding nantinya memiliki tekstur yang lembut dan padat.
  4. Untuk memberikan aroma yang lebih khas, tambahkan essense nanas ke dalam adonan puding. Jangan lupa tambahkan pewarna makanan kuning secukupnya untuk memberikan warna yang menarik pada puding nanas.

Membuat Saosnya:

  1. Siapkan panci lain untuk membuat saos nanas yang akan menjadi pelengkap puding. Cairkan tepung maizena dengan sedikit susu cair agar tidak menggumpal saat dimasak. Setelah itu, masukkan gula pasir dan sisa susu cair ke dalam panci. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.
  2. Sambil memasak gula pasir dan susu, Bunda dapat memotong nanas menjadi potongan kecil-kecil. Potongan nanas ini akan menambah tekstur dan rasa yang segar pada saos nanas.
  3. Campurkan larutan tepung maizena dengan campuran gula dan susu di panci. Tambahkan potongan nanas ke dalamnya dan aduk rata. Setelah itu, kocok kuning telur dan tambahkan ke dalam adonan saos sambil terus diaduk hingga merata. Masak adonan dengan api kecil hingga mendidih dan saos siap digunakan.

Penyajian:

Setelah puding benar-benar dingin, sajikan dengan saos nanas di atasnya. Bunda juga bisa menambahkan hiasan sesuai selera, seperti potongan nanas segar atau cherry.

Puding nanas siap dinikmati dalam keadaan dingin. Nikmati kelezatan puding nanas yang segar dengan saos nanas yang khas. Cocok untuk disajikan dalam berbagai acara, seperti acara keluarga, perayaan, atau sebagai hidangan penutup makan malam spesial.

Baca Juga | Resep Kue Putu Anti Gagal

Kesimpulan

Dengan resep puding nanas yang mudah diikuti ini, Bunda dapat membuat hidangan penutup yang lezat dan segar untuk keluarga dan teman. Aroma dan rasa nanas yang khas akan meningkatkan kenikmatan makanan. Selamat mencoba resep ini dan nikmati hidangan istimewa di tengah kehangatan momen bersama orang tercinta!

Pertanyaan Umum (FAQ)

1. Bolehkah saya menggunakan nanas kalengan daripada segar?

Tentu saja. Bunda dapat menggunakan nanas kalengan jika sulit menemukan buah nanas segar. Pastikan untuk mengeringkan nanas kalengan sebelum digunakan.

2. Apakah saya bisa menggunakan pewarna makanan lain selain kuning?

Ya, Bunda dapat bereksperimen dengan warna lain sesuai selera, tetapi pastikan pewarna makanan yang digunakan aman untuk dikonsumsi.

3. Apakah saya bisa mengganti essense nanas dengan essense lainnya?

Bisa. Jika tidak memiliki essense nanas, Bunda dapat mencoba menggunakan essense buah lain yang sesuai dengan selera.

4. Berapa lama puding nanas bisa disimpan?

Puding nanas dapat disimpan di dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk menutup rapat wadah penyimpanan agar puding tetap segar.

5. Apakah puding nanas ini cocok untuk disajikan dalam acara tertentu?

Ya, puding nanas ini cocok untuk disajikan dalam berbagai acara, seperti acara keluarga, perayaan, atau sebagai hidangan penutup makan malam spesial.

Posting Komentar

Posting Komentar